oleh

Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan SPAM di Desa Kualu

PEKANBARU – Walikota Pekanbaru Firdaus, Gubernur Riau Syamsuar, dan Bupati Kampar Catu Sugeng Susanto menyaksikan pemancangan tiang pertama proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9). Proyek ini merupakan gagasan Firdaus saat masih menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) antara 2007 hingga 2008 silam.

“SPAM regional lintas Pekanbaru dan Kampar merupakan salah satu agenda pembangunan kawasan Metropolitan Pekanbaru Siak Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan). Artinya, proyek ini didukung Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru, dan Pemkab Kampar,” ujar Walikota Firdaus.

Baca Juga  Ketua Umum SMSI Firdaus: Kita Tingkatkan Kebersamaan untuk Menjaga Negeri

Walikota Pekanbaru Firdaus, Gubernur Riau Syamsuar, dan Bupati Kampar Catu Sugeng Susanto menyaksikan pemancangan tiang pertama proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Senin (20/9/2021).

Salah satu wujud Metropolitan Pekansikawan adalah penyediaan infrastruktur dasar berupa air bersih. Peresmian pemancangan tiang pertama SPAM Regional ini merupakan kegiatan lanjutan. Pembangunan SPAM ini merupakan gagasan Pemprov Riau antara 2007 dan 2008 melalui Kepala Dinas PUPR Riau Firdaus.

Baca Juga  Ketua Umum PRD Kantor Pusat SMSI, Bahas Masa Depan Bangsa

“Waktu itu, kami sudah melakukan pembangunan SPAM ini. Kami sudah membuat intake (bangunan pengolahan air) di lokasi ini dengan volume 2.000 liter per detik,” ungkap Firdaus.

Hari ini, SPAM itu dioperasikan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas PUPR Riau. Dinas PUPR Riau juga sudah membangun instalasi pengolahan air 40 liter per detik untuk kebutuhan Pekan Olahraga Nasional (PON) pada 2012.

Baca Juga  Bakti Sosial di Panti dan Ponpes Digelar Polwan Polda Babel

“Inilah wujud kerja sama infrastruktur untuk kawasan Metropolitan Pekansikawan,” ucap Firdaus. (*/cr1)

Sumber: pekanbaru.go.id

News Feed