oleh

Duta Besar Austria Kunjungi Candi Borobudur

MAGELANG – Duta Besar Austria untuk Indonesia Johannes Peterlik melakukan kunjungan pribadi ke Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (15/6/2021).

Kedatangannya ini disambut oleh Pelaksana Tugas General Manager Taman Wisata Candi Borobudur Jamaludin Mawardi serta staff Balai Konservasi Borobudur (BKB) Mura Aristina yang sekaligus bertindak sebagai pemandu kunjungan ini.

Dalam kunjungan, Dubes yang juga mengajak anak lelakinya, Lucas, tampak serius mendengarkan penjelasan dari pemandu.

Baca Juga  Dishub Matangkan Persiapan Sayembara Pengelolaan Parkir

Rombongan menaiki Candi Borobudur dari sisi barat candi. Mura Aristina kemudian menjelaskan mengenai sistem drainase yang diterapkan Candi Borobudur sehingga struktur bangunan aman dan tetap kokoh.

Selanjutnya, melalui sisi selatan candi, rombongan menapaki tangga candi untuk untuk melihat relief yang tergambar di Borobudur.

Melalui relief ini, Dubes mendengar cerita tentang sejarah Buddha maupun proses pembangunan Borobudur yang melampaui tiga jaman dinasti kerajaan dengan corak berbeda. Hal inilah yang membuktikan bahwa akulturasi budaya hadir di Borobudur.

Baca Juga  MUI Bantu Kawal Vaksinasi di Seluruh Indonesia

Sampai di puncak candi, Dubes Johannes Peterlik beserta anak lelakinya menyempatkan berfoto bersama dengan latar Mandala Buddha. Merekapun menutup kunjungan ini dengan berfoto bersama dengan latar Candi Borobudur nan megah. (*/cr1)

Sumber: bumn.go.id

News Feed